Monday, April 9, 2012

cahyan hendy purnama-kelompok 3- manajemen pemasaran 2012-IAD

SEGMENTASI DAN PROSES PENGEMBANGAN PRODUK




MAKALAH (Resume Jurnal)
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH
Manajemen Pemasaran
Yang dibina oleh Ibu Ika Atsari Dewi,STP,MP


Oleh Kelompok 3:
Cahyan Hendy Purnama       (115100307113016)
Dimas Bagus                          (115100307113005)
Harmanto Widodo                (115100307113022)
Muji Ida Kurniasari              (115100307113003)
Reta Wahyu Widiarji            (115100307113023)







UNIVERSITAS BRAWIJAYA
FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN
JURUSAN TRKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN
2012


DAFTAR ISI
Daftar Isi ………………………………………………………………………        i          
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang ……..……………………………………………..        ii
1.2. Rumusan Masalah …………………………………………………       ii
1.3. Tujuan ……………………………………………………………..       ii
BAB II
ISI
            2.1. Pengertian Segmentasi …………………………………………...         1
                        2.1.1. Pengertian Segmentasi ………………………………….        1
                        2.1.2. Pembagian Segmentasi Pasar …………………………..         1
                        2.1.3. Tujuan Segmentasi ……………………………………..         1

            2.2. Pengertian Proses Pengembangan Produk ……………………....          2
                        2.2.1. Tujuan Proses Pengembangan Produk …………………         2
                        2.2.2. Pendekatan Proses Pengembangan Produk …………….        2

            2.3. Pengertian Pemantauan Dan Pengendalian ………………………        4
                        2.3.1. Tujuan Pemantauan dan Pengendalian …………………        4
                        2.3.2. Pentingnya Pemantauan dan Pengendalian …………….        4
BAB III
PENUTUP
            3.1. Hasil ………………………………………………………………        5
            3.2. Kesimpulan ……………………………………………………….        5
                        3.2.1. Kesimpulan Segmentasi ………………………………...        5
                        3.2.2. Kesimpulan Proses Pengembangan Produk …………….        5
                        3.2.3. Kesimpulan Pemantauan Dan Pengendalian ……………       5
            3.3. Saran ………………………………………………………………       5
            3.4. Pertanyaan ………………………………………………………...       6
3.5. Lampiran ………………………………………………………….        7
3.6. Daftar Pustaka …………………………………………………….       8

i
BAB I
PENDAHULUAN

1.1.LATAR BELAKANG
Dalam dunia pemasaran, banyak hal yang dapat mempengaruhi perlebaran dan perluasan barang yang kita pasarkan salah satunya adalah jenis barang dan pengembangan produk yang kita produksi. Untuk itu, agar menguasai pasar dan menghindari kejenuhan konsumen membeli produk kita,  perlu dilakukan mengembangan produk kita. Perkembangan dari setiap produk baru akan membutuhkan waktu dan usaha serta pemahaman dari target pasar dan bagaimana produk dapat menarik bagi target pasar. Inovasi dan pengembangan produk baru dapat mempertimbangkan elemen yang berbeda dari tiap perusahaan untuk memahami cara di mana produk dikembangkan untuk memenuhi pasar. Seperti  pemasaran dan bagaimana untuk mempromosikan Dyson vacuum cleaner dan cuci produsen mesin. Makalah ini membahas nilai dan penerapan segmentasi dan kemudian di proses konsep desain pengembangan produk.

1.2.RUMUSAN MASALAH
1.      Pengenalan produk kepada para konsumen.
2.      Menjaga/mengembangkan mutu dan kualitas produk.
3.      Menjaga Pemantauan dan pengendalian produk mengendalikan input dan secara teratur menguji output dan memerlukan pengujian jangka panjang.
4.      Menentukan segmentasi pasar.
5.      Melakukan pengembangan di mana produk dikembangkan dan pengembangan produk berbagai model.

1.3.TUJUAN
Makalah ini dimakudkan untuk member informasi kepada pembaca tentang tata cara pemasaran dan pengembangan produk baru kepada konsumen. Pengembangan produk jenis baru dapat memperlebar dan memperluas peluang untuk bersaing merebut pasar tanpa adanya kejenuhan konsumen membeli barang kita.

ii
BAB II
ISI

2.1.PENGERTIAN SEGMENTASI
Segmentasi adalah pembagian basis konsumen, atau basis konsumen potensial ke dalam kategori mana ada karakteristik serupa.
2.1.1.      Pentingnya Segmentasi
Segmentasi pasar berarti bahwa konsumen atau pengguna akhir dipecah menjadi kategori yang berarti,bahwa layanan yang dipasarkan ke dalamnya dapat dibedakan dan ditargetkan untuk pasar tersebut.
2.1.2.      Pembagian Segmentasi Pasar
Demografi membagi pasar dengan karakteristik seperti :
1. Usia
2. Jenis kelamin
3. latar belakang etika
4. Atribut psikis lain yang dapat digunakan, seperti geografis lokasi atau bahkan karakteristik seperti berat, warna rambut atau bahkan mereka dengan buruk penglihatan.
2.1.3.      Tujuan Segmentasi
Perusahaan memiliki potensi yang lebih tinggi dalam hal penciptaan keuntungan dengan melihat segmentasi pasar. Cara segmentasi ini memungkinkan produk yang akan dibuat lebih efektif untuk memenuhi kebutuhan pasar .
Dengan mendefinisikan segmen di pasar unit bisnis dapat menentukan segmen memiliki
potensi yang lebih tinggi bagi perusahaan dalam hal penciptaan keuntungan. Ini mungkin berarti sasaran yang berbeda
segmen ke divisi lain dalam perusahaan. Misalnya supermarket dapat memiliki kedua anggaran dan merek premium, Dyson juga memiliki produk yang berbeda, merek lebih mapan dapat dilihat sebagai lebih arus utama, dimana produk yang lebih baru mungkin memerlukan investasi yang lebih besar sehingga sekali pakai yang lebih tinggi pendapatan serta pembeli menjadi pengguna pertama. Bisnis ini juga mungkin berusaha untuk membangun yang sudah ada segmen, misalnya, telah terjadi pelepasan pembersih debu dengan Dyson ditujukan khusus pada pemilik hewan peliharaan, ini menciptakan segmen baru di pasar yang ada. Ini membangun pada nama merek yang sama
dan banding ke segmen yang sama dari pasar
.

1
Cara yang terjadi segmentasi diperlukan karena hal ini memungkinkan produk yang akan dibuat dalam dengan cara yang lebih efektif untuk memenuhi kebutuhan pasar. Sebagai contoh, Dyson mengembangkan cleaner robot pada saran bahwa vacuum cleaner dapat dikembangkan yang tidak perlu diragukan lagi. Ketika melihat ini kita hanya melihat ini akan menarik bagi hanya satu segmen pasar yang sangat beragam. Pertama, itu akan menarik bagi mereka yang merasa nyaman dengan penggunaan teknologi dan kompeten dalam menggunakannya. Ini juga merupakan produk baru yang akan menarik baru pengadopsi dan mereka yang menikmati menggunakan teknologi. Hal ini mungkin menunjukkan lebih muda daripada yang lebih tua pasar, dan juga dapat menarik pasar yang tidak biasanya tertarik pada pembersih vakum; laki-laki. Biaya produk baru juga akan menunjukkan sebuah kelompok di mana ada lebih tinggi dari pendapatan sekali pakai rata-rata.


2.2. PENGERTIAN PROSES PENGEMBANGAN PRODUK

            Produk yang diproses dan dikembangkan dengan berbagai model yang cukup sederhana, dan hal ini terlihat pada tahap dalam pengembangan sebuah produk.

2.2.1.      Tujuan proses pengembangan produk
Tujuan dari spesifikasi desain produk adalah meletakkannya pada dasar produksiuntuk memandu pengembangan produk, seperti tingkat kualitas dan karakteristik yang dibutuhkan.

2.2.2.      Pendekatan proses pengembangan produk
Analisis pendekatan produk proses menggunakan pendekatan teknik sederhana, yang dapat mencakup identifikasi produk yang sudah ada untuk beradaptasi dan mengadopsi penggunaannya untuk memenuhi kinerja yang diperlukan. Tingkatan teknologi saat ini dapat diidentifikasi dan penggunaan daya analisis yang diperlukan dalam proses juga dapat diidentifikasi.




2
Jika kita melihat cara di mana produk dikembangkan ada pengembangan produk berbagai model. Di sini kita dapat melihat proses desain konseptual dan menerapkannya pada desain sebuah Dyson baru mesin cuci. Ini adalah proses yang cukup sederhana, yang terlihat pada tahap dalam pengembangan sebuah produk. Ini dimulai dengan tahap evaluasi di mana banyak ide akan ditolak, dimana evaluasi awal adalah lulus kemudian akan berpindah ke proses rekayasa yang lebih rinci tentang desain dan evaluasi sebelum suatu potensi produksi. Ada evaluasi berkelanjutan produk pada tahap yang berbeda untuk memastikan itu baik komersial dan dapat diproduksi dalam tingkat yang akan menciptakan keuntungan serta memenuhi permintaan pengguna akhir. Ini adalah model yang sama dari desain sistem terlihat pada Taguchi desain yang kuat hirarki.

Studi keandalan fisik adalah bentuk tahap logis yang menentukan dasar produk. Hal ini untuk menentukan dari sana adalah kemampuan untuk benar-benar membuat produk dengan tingkat saat ini teknologi atau kompetensi dan sumber daya. Jika tidak ada persyaratan dalam perusahaan ada perlu menjadi pertimbangan apakah hal ini dapat dibawa di atau jika terobosan dan pengembangan yang diperlukan dapat cukup diharapkan dapat tercapai. Di sini dapat dilihat bahwa rekayasa dan realisasi baru barang putih elektronik adalah salah satu kompetensi inti Dyson. Analisis ini akan menggunakan pendekatan teknik sederhana, yang dapat mencakup identifikasi produk yang sudah ada untuk beradaptasi dan mengadopsi penggunaannya untuk memenuhi kinerja yang diperlukan tingkat. Tingkat saat ini teknologi dapat diidentifikasi dan penggunaan daya analisis yang diperlukan dalam proses juga dapat diidentifikasi.

Ini adalah sistem yang memungkinkan untuk penggunaan berbagai alat, yang semuanya dirancang untuk menilai aspek yang berbeda dari produk baru, membentuk konsep dan karakteristik yang diinginkan untuk sebuah perbandingan dengan mereka di pasar yang mungkin diinginkan dan cara mungkin ada 'pinjaman' dari teknologi atau desain konsep untuk produk keluar. Penerapan ini semua dapat membantu Dyson menunjukkan area mana yang penting dan mana yang tidak dan bagaimana nilai dapat ditambahkan ke pemantauan dan pengendalian.



3
2.3. PENGERTIAN PEMANTAUAN DAN PENGENDALIAN

            Pemantauan dan pengendalian produk bisa dilihat sebagai kunci keberhasilan lanjutan dari produk. Ini berarti mengendalikan input  secara teratur, menguji output dan juga memerlukan pengujian jangka panjang.
                                                                                                     
2.3.1. Tujuan Pemantauan dan Pengendalian.
Pemantauan dan pengendalian produk dengan mengeluarkan garansi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi daerah lemah mana yang bisa ada perbaikan untuk menghemat biaya serta meningkatkan kepuasan konsumen.

2.3.2.      Pentingnya Pemantauan dan Pengendalian.
Dengan mengetahui kekurangan suatu produk dari proses pemantauan dan pengendalian ini, dapat mencegah terjadinya pendistribusian barang cacat ke pasar.


Tujuan Dyson menggunakan konsep pemauntauan dan pengendalian produk ini tidak lain adalah Dyson berusaha menjaga mutu produk yang akan didistribusikan ke pasar agar konsumen tidak mengeluh tentang produk yang ia produksi. Umpan balik dari konsumen menggunakan produk dan catatan panggilan out dalam garansi juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi daerah lemah mana bisa ada perbaikan untuk menghemat biaya serta meningkatkan kepuasan konsumen. Ini berarti pemantauan dan mengumpulkan informasi dan menganalisisnya secara proaktif membentuk sumber yang berbeda.



4
BAB III
PENUTUP

3.1.HASIL
Hal ini dapat dilihat sebagai cara menunjukkan pasar target dapat dipasarkan ke, mereka kurang mungkin menonton televisi siang hari tetapi mungkin lebih tertarik pada majalah gaya muda. oleh karena itu segmentasi tidak hanya kunci untuk mengembangkan produk tetapi juga untuk berkomunikasi secara efisien dengan pasar. Penelitian ini menghasilkan spesifikasi desain produk, di mana persyaratan untuk produk baru ditentukan dan kemudian dapat dibawa ke berbuah selama proses realisasi produk. Makalah ini diakhiri dengan bagian pendek pemantauan, pengendalian dan mempertahankan kualitas.


3.2.KESIMPULAN
3.2.1        Kesimpulan Segmentasi
Hal ini dapat dilihat sebagai cara menunjukkan target pasar yang dapat dipasarkan pada orang yang tepat. Oleh karena itu segmentasi tidak hanya kunci untuk mengembangkan produk tetapi juga untuk berkomunikasi secara efisien dengan pasar.
3.2.2.      Kesimpulan Proses Pengembangan Produk
Penelitian ini menghasilkan spesifikasi desain produk, di mana persyaratan untuk produk baru ditentukan dan kemudian dapat dibawa ke proses realisasi produk.
3.2.3.Kesimpulan Pemauntauan Dan Pengendalian
Untuk mempertahankan kualitas dari suatu produk  di perlukan pemantauan dan pengendalian produk agar tidak ada produk cacat yang terdistribusi ke pasar.

3.3.SARAN
            Seharusnya dalam menentukan target dalam penglompokan pasar dalam segmentasi pasar mempertimbangkan latar belakang konsumen yang ada didaerah yang didistribusikan. Serta dalam pendistribusian produk, kita harus melihat dari segi segmen pasar, proses pengembangan produk dan juga pemanatuan dan pengendalian produk agar kita tidak kehilangan pasar.


5
3.4.PERTANYAAN
ENDRA
1.Dari jurnal yang anda resume meneliti segmentasi pasar dimana?
Meneliti di London,karena menurut referensi jurnal tersebut pengambilannya di London.

CAHAYATI
2.Segmentasi pasar yang bagaimana yang cocok dengan keadaan pasar yang seperti sekarang ini?
Menurut kami segmentasi pasar yang cocok dengan keadaan pasar yang seperti saat ini yaitu  yang sesui dan tepat,contohnya penjualan popok bayi yang di jual di kalangan ibu-ibu.

SELVI
3.Bagaimana peran segmentasi dalam proses pengembangan produk?
Segmentasi berperan penting dalam pngembangan produk,karena segmentasi yaitu cara komunikasi yang efisien untuk para konsumen dan dengan segmentasi kita tahu akan keperluan barang yang di butuhkan konsumen sehingga kita dapat mengetahui apa yang di harapkan konsumen.


6


3.5.LAMPIRAN
Anggota Kelompok 3 ;
·         Cahyan Hendy Purnama         (115100307113016)
·         Dimas Bagus                           (115100307113005)
·         Harmanto Widodo                  (115100307113022)
·         Muji Ida Kurniasari                 (115100307113003)
·         Reta Wahyu Widiarji              (115100307113023)


7
3.6.DAFTAR  PUSTAKA
http://www.eurojournals.com/ejsr_23_3_11.pdf
Hooley G J; Saunders J A; Piercy, (1998), Marketing Strategy and Competition Positioning,
London, Prentice Hall
Kotler, P, (2003), Marketing Management, International Edition, New Jersey, Prentice Hall Thompson J L, (1998), Strategic Management; Awareness and Change, London, Thompson
Business Press.  
                     

file presentasi:

makalah tugas kelompok :

No comments:

Post a Comment