Sunday, April 1, 2012

khasiat cabai jawa


Cabai jawa atau yang mempunyai nama latin piper retrofractum  vahl adalah tanaman rempah yang mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh kita Buah cabe jawa mengandung zat pedas piperine, resin (kavisin), asam palmitik, 1-undecylenyl-3,4-methylenedioxy benzene, piperidin, rninyak asiri, dan sesamin. Senyawa lain piperidina, asam palmitat, asam tetrahidropiperat, N-isobutyl decatrans-2 trans-4 dienamida, eikosadienamida, eikopsatrienamida, guinensina, oktadekadienamida, protein, karbohidrat, gliserida, tannin, dan kariofelina.

Cabe jawa tanaman asli Indonesia dan banyak ditanam di Jawa dan Sumatera. Berikut adalah manfaat atau khasiat cabai jawa yang baik bagi tubuh kita:
 :
1.         antipiretik, disentri, diare, lemah syahwat, tekanan darah rendah, influenza, batuk, migren, sakit kuning, demam.
2.         Pemakaian luar untuk encok dan param sesudah melahirkan.
3.         Buahnya juga dimanfaatkan sebagai obat rematik, pegal linu, dan peluruh keringat.
4.         Akar cabe jawa untuk obat sakit gigi dan membersihkan darah dalam rahim setelah melahirkan.
5.         Penyakit lain yang bisa ditanggulangi: radang mulut, stroke, pencernaan terganggu, dan nyeri pinggang.
6.         Perempuan hamil dilarang mengkonsumsi ramuan dengan komposisi cabe jawa di dalamnya. Dalam farmakologi China disebut tumbuhan ini memiliki rasa pahit, pedas dan hangat.

Adapun resep tradisional dari khasiat cabai jawa ialah sebagai berikut:

1. Obat kuat
Bahan yang di gunakan untuk Untuk mengetahui khasiat cabai jawa ini adalah
10 gr Cabe jawa
5 gr Kapulaga
5 gr Pulai
5 gr Sawi langit
Cara membuat:
Bahan-bahan itu dicuci bersih lalu direbus dalam 300 cc air. Setelah mendidih angkat dan saring. Sebelum diminum campurkan 1 sendok makan madu atau gula aren asli. Ramuan diminum malam hari sebelum tidur dan dihabiskan sekali minum.

2. Masuk angin
Bahan yang di gunakan untuk Untuk mengetahui khasiat cabai jawa ini adalah
3 butir Cabe jawa
3/4 genggam daun mint
3/4 genggam Daun kesumba
3 jari Gula enau
Cara membuat:
Bahan-bahan tersebut dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin saring, lalu minum 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.

3. Gangguan pencernaan
Bahan yang di gunakan untuk Untuk mengetahui khasiat cabai jawa ini adalah Buah cabe jawa kering sebanyak 5 gr ditumbuk halus. Tambahkan madu secukupnya sambil diaduk merata, lalu diminum sekaligus.

4. Sakit gigi
Bahan yang di gunakan untuk Untuk mengetahui khasiat cabai jawa ini adalah Daun cabe jawa yang segar sebanyak 5 lembar dicuci lalu ditumbuk. Seduh dengan 1/2 gelas air panas. Selagi hangat disaring, airnya dipakai untuk kumur-kumur.

5. Kejang perut
Bahan yang di gunakan untuk Untuk mengetahui khasiat cabai jawa ini adalah Daun cabe jawa segar sebanyak 3 lembar dicuci lalu ditumbuk. Seduh dengan 1 gelas air panas. Selagi hangat disaring. Kemudian diminum sekaligus.
.
6. Demam
Bahan yang di gunakan untuk Untuk mengetahui khasiat cabai jawa ini adalah Buah cabe yang kering sebanyak 3-4 g digiling halus, lalu diseduh dengan 1/2 gelas air panas. Kemudian minumlah bersama ampasnya selagi hangat.
https://blogger.googleusercontent.com/tracker/8174523974321537543-5677637073287697015?l=ibenkztrilogy.blogspot.com

subhanallah banyak juga ya!!!.. khasiat  cabai jawa bagi tubuh kita,, sebagai manusia hendaknya kita mensyukuri nikmat yang di berikan tuhan kepada kita.

 www.khasiatcabaijawa.comwww.khasiatcabaijawa.com

1 comment:

  1. Baru tau kalo cabai jawa bisa untuk ngatasi demam. Bisa buat referensi untuk ngatasi demam dengan bahan alami

    ReplyDelete