Sunday, May 6, 2012

cara menyimpan file baru word 2007

Ada beberapa cara menyimpan file Word 2007. Setelah tercipta halaman kerja, tentunya segala kreasi kerja akan dituangkan ke dalam file word. Agar hasil kreasi kerja ini tidak hilang, diperlukan penyimpanan terhadap file word (saving). Berikut beberapa cara yang digunakan untuk menyimpan file word:

Pertama. Klik Office Button > Save atau Office Button > Save As. Hal-hal terkait penyimpanan file word seperti dijelaskan di bawah ini:
  • Save in, menentukan lokasi simpan file word di harddisk atau removable media. Standar lokasi simpan adalah folder My Documents. Untuk berpindah lokasi, pilih dan klik opsi-opsi yang terdapat di sebelah kiri bawah Save in: atau klik tanda  di sebelah kanan Save in:, kemudian tentukan lokasi simpan file.
  • File name. Ketikkan nama file word. Hendaknya nama file mencerminkan isi dari file.
  • Save as type. Standar ekstensi file word 2007 adalah (nama file).docx. Apabila kita menginginkan file word yang disimpan dapat dibuka dengan versi word sebelumnya, gunakan fitur ini dengan mengklik icon  dan tentukan pilihan tipe filenya.
  • Tombol Tools, untuk menampilkan fitur-fitur lain terkait file word, seperti menghapus, mengubah nama file, mencetak dokumen, mengaktifkan password, dan lain-lain.
  • Tombol Save untuk menyimpan file word, sesuai nama file yang diketikkan dan tipe file yang dipilih.
  • Tombol Cancel (atau, Esc pada keyboard) untuk membatalkan proses penyimpanan file.
tampilan jendela menu save file di word 2007
Jendela Menu Save File di word 2007

Kedua. Klik icon Disket pada Quick Access Toolbar. Bila pertama kali menyimpan, maka akan muncul tampilan menu simpan di atas (cara 1.).

Ketiga. Pada keyboard, tekan tombol Ctrl + S. Akan muncul jendela menu penyimpanan file word seperti gambar sebelumnya.

Keempat. Tekan tombol fungsi F12. Jendela menu penyimpanan akan muncul.

Demikianlah beberapa cara menyimpan file Word 2007. Pilihan cara apa yang digunakan, tergantung penilaian kita masing-masing. Satu cara mungkin terasa efektif bagi saya, namun belum tentu bagi Anda. Silahkan mencoba.

No comments:

Post a Comment